Sabtu, 14 November 2015

"Penyakit" langganan anak


Assalamu'alaikum, udah lama sekali saya tidak membuat postingan diblog ini.. Awalnya saya berniat membuat postingan mengenai tentang kehamilan saya, risiko yang saya hadapi, namun saya berfikir untuk membahas mengenai "penyakit" langganan anak.. Kenapa saya memilih tema ini? alasannya sederhana, karena masih banyak para orang tua yang tidak tahu penyakit-penyakit apa saja yang dialami anaknya dan bagaimana penangannya. apa kah perlu obat.. Dibawah ini saya mencoba menjelaskan beberapa ilmu yang saya dapatkan  di grup milis sehat

1. DEMAM
Siapa yang tidak pernah demam, demam tidak memandang usia baik anak-anak majupun para orang tua. Demam merupakan alarm/gejala (bahwa ada sesuatu yang terjadi di dalam tubuh), dan bukan penyakit. Yang dikatakan demam adalah suhu > 38,5*C pada waktu minimal 24 jam. Sebagian besar terjadi karena adanya infeksi  Pada anak maupun bayi penyebab umumnya adalah virus dan tingginya demam bukan suatu patokan parahnya sakit tersebut.

Bagaimana penanganannya?
*tidak perlu panik
*observasi perilaku anak
*beri minuman atau susui sesering mungkin (agar tidak terjadi dehidrasi)
*kompres air hangat dan bukan air dingin
*pakaikan anak dengan baju yang nyaman

Bagaimana bila kita sudah memberikan obat penurun panas (parasetamol) namun suhu anak masih naik dan turun? Memang beberapa jam setelah anak diberi obat penurun panas, suhu tubuhnya akan naik lagi. Hal ini terjadi karena obat tersebut tidak menyembuhkan penyakitnya. Pada dasarnya obat tersebut hanya sebagai pain killer, hanya membuat anak merasa nyaman dan bukan untuk menormalkan suhu.

Kapan sebaiknya menghubungi dokter?
Pada umumnya demam bukanlah hal yang membahayakan. Namun, ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai, diantaranya:
*bayi berusia < 3 bulan dengan suhu > 38*C
*bayi berusia 3-6 bulan dengan suhu tubuh >38,5*C
*bayi >6 bulan dengan suhu > 40*C 
*kondisi anak memburuk (tidur terus-menerus; lemas)
*demam sudah berlangsung selama 72 jam
*susah minum; tidak mau minum, atau sudah dehidrasi
* rewel atau menangis terus-menerus, tidak dapat ditenangkan
*kejang atau kaku pada kuduk leher
*sakit kepala 
*sesak nafas
*muntah, diare terus-menerus

Pengalaman saya pribadi ketika alisha (2y3m), saya berusaha untuk memberikan alisha minum dan susui lebih sering. Karena saat alisha mengalami demam saat usianya menginjak 1 tahun. Saat itu, saya tetep keukeuh  tidak memberikan alisha obat penurun panas, karena saat awal terkena demam, alisha masih sangat lincah, masih mau makan dan minum.. Intinya ketika anak sakit para orang tua sebaiknya terus memperhatikan kondisi anak.. Kalau anaknya masih happy, masih mau main atau makan ya sebaiknya tidak perlu ke dokter. 

2. BATUK PILEK
Batuk merupakan gejala, dan tidak berbahaya, batuk merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk membersikan saluran nafas dan paru dari mikroorganisme, lendir dan benda asing. Batuk pada anak maupun usia sekolah umumnya disebabkan oleh virus, namun bila berkepanjangan lebih dari 4 minggu, bisa disebut alergi atau bisa juga kuman. gejala batuk biasanya disertai dengan pilek maupun demam.

Bagaimana Penanganannya?
observasi, observasi dan observasi anak sambil diperhatikan keadaan umum lainnya, bukan apa-apa langsung diberikan obat. Kalau saya pribadi ketika alisha batuk pilek (masih gejala), saya langsung memberikan uap kayu putih ketika mandi dan di taruh di ember di pojokan kamar, AC kamar pun tidak terlalu dingin kemudian sering-sering berjemur, jaga juga asupan nutrisinya. makan-makanan berkuah, seperti sup atau sayur bening.. Insya Allah ngga lama batuk pileknya pun hilang.. Jadi anggapan memberikan obat atau malah memberikan antibiotik ketika batuk pilek pada anak salah besar. Di pembahasan selanjutnya saya akan memcoba membahas mengenai antibiotik.. Semoga bermanfaat.. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar